Sistem Pendukung Keputusan Penyeleksian Penerima Bantuan Sosial Menggunakan Metode Weighted Product

Bantuan sosial adalah pemberian bantuan berupa uang/barang dari pemerintah daerah kepada individu, keluarga, kelompok dan/atau masyarakat yang sifatnya tidak secara terus menerus dan selektif yang bertujuan untuk melindungi dari kemungkinan terjadinya resiko sosial. Bantuan sosial dapat diberikan dalam bentuk uang atau barang kepada anggota/kelompok masyarakat.

Pemberian bantuan sosial disesuaikan dengan kemampuan keuangan daerah dan dilakukan secara selektif serta setelah memprioritaskan pemenuhan belanja urusan wajib yang ditetapkan Peraturan perundang-undangan. 

Pemberian bantuan sosial ditunjukkan untuk menunjang pencapaian sasaran program dan kegiatan pemerintah daerah dengan memperhatikan asas keadilan, kepatutan, rasionalitas dan manfaat untuk masyarakat.

Bantuan sosial kepada Anggota/kelompok masyarakat sebagaimana dimaksud meliputi :
  1. Individu, keluarga dan/atau keluarga masyarakat yang mengalami keadaan yang tidak stabil dari krisis sosial, ekonomi, politik, bencana atau fenomena alam agar dapat memenuhi kebutuhan hidup minimum, dan
  2. Lembaga non pemerintah bidang pendidikan, keagamaan, dan bidang lain yang berperan untuk melindungi individu, kelompok dan/ masyarakat dari kemungkinan terjadinya resiko sosial.
Bantuan sosial bersifat sementara dan tidak terus menerus, kecuali dalam keadaan tertentu dapat berkelanjutan.

Bantuan sosial dalam keadaan tertentu dapat berkelanjutan sebagaimana dimaksud diartikan bahwa belanja bantuan sosial dapat diberikan untuk mempertahankan taraf kesejahteraan sosial dan/atau mengembangkan kemandirian serta untuk menjaga kinerja sosial yang telah tercapai agar tidak menurun kembali.

Bentuk dan Besaran Bantuan Sosial

Bantuan sosial dapat dalam bentuk uang maupun barang, adapun bantuan sosial dalam bentuk barang berupa peralatan dan mesin, gudang dan bangunan, asset tetap lainnya sesuai peraturan perundang-undangan.

Besaran bantuan sosial dibatasi tidak melebihi batas toleransi untuk penjukan langsung sesuai dengan peraturan tentang pengadaan barang/jasa pemerintah.

Jenis dan Tujuan Bantuan Sosial
  1. Rehabilitasi sosial sebagaimana dimaksud, ditujukan untuk memulihkan dan mengembangkan kemampuan seseorang yang mengalami disfungsi sosial agar dapat melaksanakan fungsi sosialnya secara wajar.
  2. Perlindungan sosial sebagaimana dimaksud, ditujukan untuk mencegah dan menangani resiko sosial seseorang, kelompok masyarakat agar kelangsungan hidupnya dapat dipenuhi sesuai dengan kebutuhan dasar minimal.
  3. Pemberdayaan sosial sebagaimana dimaksud dalam, ditujukan untuk menjadikan seseorang atau kelompok masyarakat yang mengalami masalah sosial sehingga mempunyai daya yang selanjutnya mampu memenuhi kebutuhan dasarnya.
  4. Jaminan Sosial sebagaimana dimaksud, merupakan skema yang melembaga untuk menjamin penerima bantuan agar dapat memenuhi kebuthan dasar hidupnya yang layak.
  5. Penanggulangan kemiskinan sebagaimana dimaksud, merupakan kebijakan, program dan kegiatan yang dilakukan terhadap orang, keluarga, kelompok masyarakat yang tidak mempunyai sumber matapencaharian dan tidak dapat memnuhi kebutuhan yang layak bagi kemanusiaan.
  6. Penanggulangan bencana sebagaimana dimaksud, merupakan serangkaian upaya yang ditunjukkan untuk rehabilitasi.
  7. Jenis bantuan sosial sebagaimana dimaksud akan diatur lebih lanjut dengan keputusan Kepala Daerah.

Metode Weighted Product adalah salah satu analisis keputusan multi-kriteria (MCDA) yang sangat terkenal atau metode pengambilan keputusan multi-kriteria (MCDM).

Metode Weighted Product (Basyaib, 2006, 139) merupakan metode pengambilan keputusan dengan cara perkalian untuk menghubungkan rating atribut, dimana rating setiap atribut harus dipangkatkan dulu dengan bobot atribut yang bersangkutan.

Dengan adanya sebuah Sistem pendukung keputusan untuk menentukan bakal calon penerima bantuan sosial dengan ketentuan yang sudah ditentukan pada bentuk bantuan sosial tersebut. Sistem pendukung keputusan ini juga bisa menggunakan Weighted Product (WP) dimana akan lebih akurat dalam menentukan bakal calon penerima bantuan tersebut.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sejarah Dan Perkembangan Harddisk