Cara Mengoptimalkan Kinerja Harddisk

Di kesempatan ini saya kan share tentang cara mengoptimakan kinerja harddisk kita, Harddisk yang penuh banyak data sering kali membuat harddisk itu menjadi lambat dalam membaca data yang tersimpan dikomputer. Hal ini terjadi dikarenakan file file yang terdapat didalam harddisk tersebar di beberapa bagian dari harddisk sehingga membutuhkan banyak waktu untuk mengakses setiap bagian dari file data tersebut. Berikut ini tips dan cara nya :

1. Matikan Windows Write-Cache Buffer Flush



Secara default, Windows telah mengaktifkan fitur write caching di setiap hard disk yang terpasang. Hal ini akan membuat Windows menulis data langsung di RAM yang ada di tiap PC untuk mendapatkan kinerja yang lebih optimal. Sayangnya, Windows sering memberikan instruksi agar setiap data yang ada di memori agar langsung ditulis di piringan hard disk. Jika Anda yakin akan instalasi listrik Anda atau menggunakan UPS, matikan saja buffer flush ini agar sistem dapat menampung data lebih banyak lagi sebelum ditulis di hard disk. Untuk mematikannya, silahkan masuk ke Device Manager, pilih Disk Drives, pilih hard disk yang Anda kehendaki, lalu di jendela yang muncul, masuk ke tab Policy. Anda akan menemukan pilihan mematikan write buffer flush di bagian write caching policy.

2. Lakukan Deframentasi Secara Berkala



Saat Windows melakukan penulisan, sistem operasi ini tidak menulis data secara berurutan. Bisa saja sebuah file ditulis di cluster yang tidak berurutan. Nah, saat melakukan pembacaan file tersebut, head di hard disk harus bekerja lebih keras untuk menemukan bongkahan-bongkahan data agar dapat terbaca dengan benar. Defragmentasi memastikan agar setiap file dapat tertata secara benar dan berurutan sehingga dapat mengurangi pergerakan head saat membaca data. Untuk melakukan defragmentasi, Anda dapat melakukannya dalam beberapa cara di Windows. Salah satunya adalah dengan menekan klik kanan di hard disk yang diinginkan, klik di bagian Properties, dan masuk ke tab Tools. Di sana Anda akan menemukan defragmentation. Anda juga dapat menggunakan aplikasi defragmentasi pihak ketiga yang dapat mendefragmentasi lebih cepat dari tool bawaan Windows sendiri.

3. Gunakan Kabel Power dan Data yang Terbaik



Dalam menggunakan hard disk, sudah pasti tidak akan luput dari penggunaan kabel power dan kabel data (baik itu IDE maupun SATA) untuk menghubungkan antara hard disk dengan motherboard. Untuk itu, gunakan kabel dengan kualitas yang baik agar tidak terjadi kerusakan di hard disk itu sendiri. Hal tersebut biasanya terjadi karena kabel berkualitas rendah sering kali putus atau terkikis tanpa kita sadari. Saat putus atau terkikis, kabel data akan mengakibatkan error dalam penulisan dan pembacaan. Jika hal tersebut terjadi di kabel powernya, malah dapat mengakibatkan hard disk mati total.

Sebenarnya masih banyak cara yang lainya untuk mengoptimalkan kinerja harddisk , tapi 3 pilihan ini adalah salah satu cara untuk mengoptimalkan kinerja harddisk.

Sumber :
http://www.jagatreview.com/2012/03/tips-mengoptimalkan-kinerja-hard-disk/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sejarah Dan Perkembangan Harddisk